Kamis, 17 Maret 2016

Kenapa Tuhan Tidak Bisa Merubah Hukum Alam?

Hukum alam sudah ada sejak dunia diciptakan dan tidak berubah sejak alam semesta ini diciptakan, selalu seperti itu sejak terciptanya alam semesta. Jadi apakah Tuhan ada pilihan untuk merubah hukum alam semesta sejak zaman dahulu?,Kenapa Tuhan tidak bisa merubah hukum alam?
Jika Tuhan tidak punya pilihan untuk merubah hukum alam semesta, jadi kenapa dia disebut Tuhan?

Hukum alam semesta masih tetap sama sejak waktu dahulunya, jadi apakah Tuhan memiliki pilihan untuk merubah hukum tersebut apa tidak? Dan jika Tuhan tidak mempunyai pilihan mengapa bisa disebut sebagai Tuhan?

Itu adalah pilihan Tuhan untuk tidak ingin merubahnya.  Itu alasannya untuk tidak merubahnya.  Dia tidak harus mengikuti pilihan kita.  Jadi itu adalah kehendak Tuhan, bahwa Dia tidak ingin untuk merubahnya, sekarang kita memaksa-Nya untuk merubah, kenapa Dia harus mengikuti kita? Jika Tuhan mau untuk merubah, Dia bisa saja merubahnya.  
Allah SWT berfirman dalam Quran Ruum (30): 30 "Bahwa tetaplah pada hukum alami (fitrah Allah)".  Jadi inilah hukum Tuhan.  Jika Dia menginginkan Dia bisa saja merubahnya, tapi Dia tidak mau merubahnya, itu adalah kehendak-Nya. Sekarang kita mau mengatakn pada-Nya bahwa Tuhan mau untuk membuat matahari terbit dari timur dan terbenam di barat.. Tantangannya pada kita: Bisakah kita membuat matahari terbit dari barat dan terbenam di timur? Peluangnya adalah tidak bisa, tapi pada hari kiamat: salah satu pertanda kiamat adalah bahwa matahari akan terbit dari barat, jadi jika Tuhan menginginkan, Dia bisa melakukannya.  Jadi pada hari penghakiman (kiamat) itu akan terjadi.  Bagaimana itu terjadi? Allahu A'lam (hanya Allah-lah yang tahu). Quran mengatakan dengan jelas di surat Faathir (35): 1 bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.  Tapi Allah bisa memperlakukan sesuatu berdasarkan Kehendak-Nya, dan Dia tidak membutuhkan sesuatu.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar